Tautan-tautan Akses

Partai Presiden Sarkozy Diperkirakan Menangkan Pemilu Parlemen Prancis


Partai presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Uni Gerakan Populer yang berhaluan konservatif tampak bakal meraih kekuatan mayoritas di Parlemen setelah pemilihan putaran kedua hari Minggu. Namun bukan kemenangan mutlak sebagaimana diramalkan banyak analis.

Uni Gerakan Populer diproyeksikan akan meraih sekitar 340 dari 577 kursi di Parlemen. Partai Sosialis yang beroposisi meraih sekitar 232 kursi sedang selebihnya direbut partai-partai tengah kiri. Yang di luar dugaan kalah dalam pemilihan hari Minggu itu ialah menteri enerji dan lingkungan hidup Alain Juppe yang dipandang orang kedua terkuat dalam pemerintahan Perdana Menteri Francois Fillon.

Juppe yang mantan perdana menteri mengatakan ia berencana mengundurkan diri hari Senin setelah kehilangan kursinya sebagai wakil daerah Bordeaux. Analis-analis politik Prancis mengatakan, golongan konservatif meraih lebih sedikit kursi dari diperkirakan akibat rencana pemerintahan Sarkozy hendak menaikkan pajak penjualan guna membiayai program seperti perawatan kesehatan.

XS
SM
MD
LG