Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antar Faksi di Palestina Tewaskan 9 Orang


Petugas medis Palestina mengatakan paling sedikit 9 orang Palestina lagi tewas dalam kekerasan faksional baru, sementara genjatan senjata yang disetujui beberapa jam sebelumnya oleh kelompok yang bersaing Fatah dan Hamas runtuh.

Dalam bentrokan paling mematikan Senin, tiga orang Palestina tewas dalam tembak menembak di sebuah rumah sakit dikota Beit Hanoun, Gaza Utara. Paling sedikit 15 orang tewas sejak kekerasan merebak Sabtu di Jalur Gaza, termasuk anggota-anggota Fatah dan Hamas yang dilempar dari bangunan tingkat tinggi.

Orang bersenjata hari ini menembaki kantor Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh dari Hamas, sehingga mengganggu pertemuan kabinet. Tak ada laporan mengenai korban yang jatuh dalam insiden ini.

Sebelumnya, orang bersenjata Fatah menembaki rumah tinggal Haniyeh. Tak ada yang luka-luka dalam serangan itu. Fatah dan Hamas sepakat untuk membentuk pemerintah kesatuan Maret lalu dalam usaha untuk menghentikan kekerasan diantara mereka.

Pertempuran terjadi sementara perdana menteri Israel Ehud Olmert bersumpah meneruskan serangan udara terhadap militan yang berbasis di Gaza selama militan menembakkan roket ke dalam wilayah Israel.

Hari Minggu militer Israel menyatakan pihaknya menyerang sebuah bangunan yang dipergunakan militan Jihad Islam dan satu bengkel senjata Brigade Syuhada al Aqsa, cabang militer gerakan al-Fatah.

XS
SM
MD
LG