Tautan-tautan Akses

Pesawat Atlantis Berhasil Bergandeng dengan Stasiun Antariksa Internasional


Pesawat ulang-alik antariksa ATLANTIS telah berhasil dalam manuver untuk bergandeng dengan Stasiun Antariksa Internasional jauh di atas permukaan bumi. Awak ATLANTIS hari Minggu menggunakan roket kemudi untuk membuat pesawat itu mundur perlahan-lahan sambil mendekat ke Stasiun Antariksa.

Astronot di laboratorium yang mengorbit itu mengambil gambar kerusakan pada perisai panas ATLANTIS dari jarak dekat kemudian mengirimnya kepada teknisi NASA di bumi untuk dianalisis. Tiap kerusakan pada perisai panas bisa menjadi masalah serius sebab perisai itu melindungi pesawat bersama awaknya dari terbakar apabila pesawat yang besar itu masuk kembali ke atmosfir bumi.

Sebelumnya diberitakan, insulasi perisai panas pesawat Atlantis sobek menganga sekitar 10 sentimeter, namun para pakar Badan Antariksa NASA mengatakan mereka tidak terlalu khawatir. Menurut mereka insulasi yang melindungi bagian haluan pesawat itu tidak terekspos pada panas luar biasa apabila pesawat memasuki atmosfir bumi. NASA mengatakan analisis atas kerusakan perisai panas itu akan dilanjutkan dan apabila perlu kerusakan akan diperbaiki sewaktu astronot berjalan di luar pesawat nanti.

Empat tahun lalu kerusakan pada lempeng-lempeng perisai panas membakar pesawat ulang-alik COLUMBIA sewaktu kembali ke bumi menewaskan semua tujuh astronotnya.

XS
SM
MD
LG