Tautan-tautan Akses

Bush Minta Syria Hentikan Intervensi Terhadap Pemerintahan Libanon


Presiden Bush meminta kepada Syria agar menghentikan intervensi dalam pemerintahan Perdana Menteri Lebanon, Fuad Siniora. Presiden Bush menyampaikan komentar itu hari Sabtu di Roma , dalam jumpa pers bersama dengan Perdana Menteri Italia Romano Prodi. Pemimpin Amerika itu juga menyerukan diadilinya para tersangka dalam pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri.

Investigasi PBB telah melibatkan para pejabat Syria dalam pembunuhan tahun 2005 itu, tetapi Syria membantah tuduhan itu. Presiden Bush dan Perdana Menteri Italia Romano Prodi juga membahas masalah Kosovo.

Presiden Bush mengatakan, sekarang tiba waktunya untuk bergerak maju dalam isu status masa depan Kosovo. Presiden Amerika George Bush juga berterima kasih kepada Perdana Menteri Italia Romano Prodi atas kontribusi Italia kepada pasukan NATO di Afghanistan.

Sebelumnya, Presiden Bush bertemu dengan Paus Benediktus membahas madalah HIV/AIDS dan topik-topik lain. Pertemuan itu adalah pertemuan mereka yang pertama sejak mantan Kardinal Joseph Ratzinger itu menjadi Paus dalam tahun 2005.

Presiden Bush kemudian mengatakan, Paus Benediktus menyatakan keprihatinan yang mendalam mengenai keselamatan kaum minoritas Kristen di Irak. Vatikan mengatakan, mereka juga membahas tentang masalah-masalah konflik Israel – Palestina , Amerika latin dan Afrika, dengan perhatian khusus pada Darfur.

XS
SM
MD
LG