Tautan-tautan Akses

Para Astronot Atlantis Lakukan Inspeksi Video Atas Lambung Pesawat


Para astronot di dalam pesawat antariksa Amerika – Atlantis – akan melakukan inspeksi video atas bagian luar lambung pesawat itu Sabtu ini sementara mengorbit bumi. Atlantis diluncurkan ke angkasa dari pangkalan NASA di Florida Jumat petang.

Penerbangan itu telah ditangguhkan selama 3 bulan, setelah hujan es merusak insulasi tanki bahan bakar luar pesawat tersebut di tempat peluncuran. Tanki bahan bakar pesawat itu dilapisi dengan ribuan lempeng untuk menutup kerusakan karena badai tersebut.

Direktur program Atlantis Wayne Hale mengatakan, tanki itu tidak mengalami kerusakan dalam peluncuran. Awak pesawat akan menggunakan kamera khusus yang dipasang pada lengan robot yang panjang untuk memeriksa apakah pesawat tidak mengalami kerusakan dalam penerbangan.

Pesawat antariksa itu membawa 7 astronot yang akan meneruskan pembangunan Stasiun Antariksa Internasional. Awak Atlantis berharap akan memasang seperangkat baru panel sinar surya dalam misi 11 hari itu.

Clayton Anderson, salah seorang awak warga Amerika, akan tetap berada di orbit setelah Atlantis kembali ke bumi, menggantikan Sunita Williams, seorang lagi astronot Amerika, yang sudah bekerja di stasiun antariksa itu sejak Desember.

XS
SM
MD
LG