Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin 8 Negara Industri Bertemu di Laut Baltik, Jerman


Para pemimpin dari delapan negara industri utama dunia bertemu hari ini di tempat peristirahatan Laut Baltik, Jerman, untuk mengadakan KTT tahunan mereka, di tengah ketegangan antara Amerika dan Rusia. Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menjadi tuan rumah KTT itu dalam perannya sebagai presiden Kelompok Delapan saat ini, akan bertemu dengan Presiden George W. Bush untuk melakukan pembicaraan pra KTT.

Merkel menempatkan pemanasan global di tempat teratas agenda KTT itu. Dia menghendaki agar Kelompok Delapan berjanji akan mengurangi emisi gas yang menimbulkan pemanasan global sebanyak 50 persen sebelum tahun 2050. Pemimpin Jerman itu juga ingin membicarakan peringanan hutang bagi Afrika.

Tetapi KTT itu sudah dibayangi oleh ketegangan yang makin meningkat antara Rusia dan Amerika. Presiden Rusia Vladimir Putin marah disebabkan rencana Amerika hendak memasang sistem pertahanan misil di Eropa Timur, dengan menyebutnya sebagai ancaman terhadap negaranya. Tetapi Presiden Bush mengutarakan:

Rusia bukan musuh kami. Musuh masyarakat terbuka seperti masyarakat kami adalah rezim yang radikal dan ekstrem yang mencoba menakut-nakuti dunia bebas demi untuk mempromosikan ideologinya. Jadi sikap saya terhadap pertahanan misil adalah langkah untuk membela diri, bukan ditujukan kepada Rusia, tetapi kepada ancaman sejati."

Akan tetapi, Bush tetap menuduh bahwa Rusia tidak memenuhi janji untuk melakukan reformasi demokrasi.

XS
SM
MD
LG