Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Puji Musharraf Karena Membawa Pakistan Jadi Lebih Moderat


Seorang pejabat tinggi Amerika memuji presiden Pakistan, jenderal Pervez Musharraf karena membawa Pakistan kearah yang lebih moderat. Ini dikatakan oleh pembantu menteri LN Amerika untuk urusan Asia tengah dan selatan, Richard Boucher dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Pakistan.

Tapi tiga orang anggota DPR Amerika mengirim surat kepada menteri LN Condoleezza rice yang isinya menuduh Pakistan menggunakan cara-cara intimidasi yang keras untuk menumpas aksi protes kelompok oposisi.

Kata Boucher dalam wawancara itu, Amerika berharap kontroversi pemecatan ketua mahkamah agung Iftikar Chaudry bisa diselesaikan dengan baik lewat pengadilan. Chaudry diskors oleh jenderal Musharraf bulan Maret atas tuduhan penyalah-gunaan kekuasaan. Tuduhan ini dibantah oleh Chaudry.

Sementara itu, perdana menteri shaukat aziz hari ini mencabut tuduhan yang dikenakan pada 200 orang wartawan yang memprotes peraturan pers baru yang dikeluarkan pemerintah. Tuduhan itu tadinya dikeluarkan oleh polisi karena para wartawan mengadakan demonstrasi di Islamabad hari Senin, kendati adanya larangan demonstrasi di kota itu.

Para pejabat oposisi mengatakan, pemerintah agaknya sedang menumpas kegiatan aktivis yang akan mengadakan demonstrasi hari Kamis ini di propinsi Punjab. Kata jurubicara dua partai oposisi, ratusan anggota mereka telah ditahan oleh polisi, dan kata pemerintah, 300 orang ditahan, demi keamanan dan ketertiban.

Jenderal Musharraf minggu ini mengumumkan sejumlah pengetatan peraturan pers, yang kata pihak oposisi ditujukan untuk membungkam suara kelompok oposisi.

XS
SM
MD
LG