Tautan-tautan Akses

Dewan Hakim Militer AS di Guantanamo Menolak Tuduhan Terhadap 2 Tahanan


Dewan Hakim militer Amerika di pusat penahanan Teluk Guantanamo di Kuba menolak tuduhan terhadap dua orang tahanan.

Dalam keputusan lain hari Senin, para hakim mengatakan mereka tidak mempunyai yurisdiksi untuk mengadili para tahanan berdasarkan peraturan yang dibuat oleh Kongres Amerika untuk mahkamah itu tahun 2006.

Salim Ahmed Hamdan, seorang priya Yaman yang menjadi sopir Osama Bin Laden, tadinya dikenakan tuduhan bersekongkol dan memberi bantuan untuk terorisme. Pencabutan tuduhan itu adalah kemenangan besar yang kedua bagi Hamdan, setelah tantangannya terhadap mahkamah pertama pemerintah menyebabkan Mahkamah Agung memutuskan bahwa Presiden Bush melampaui wewenangnya yang diberikan oleh Undang-Undang Dasar dalam pembentukan pengadilan militer khusus.

Tahanan lain, Omar Ahmed Khadr, adalah warga Kanada, yang menghadapi tuduhan pembunuhan seorang tentara Amerika di Afghanistan dengan granat tangan ketika ia berusia 15 tahun.

Hakim ketua di mahkamah Khadr itu mengatakan menurut undang-undang tahun 2006, setiap tahanan harus dengan resmi disebut “lasykar musuh yang tidak legal.” Ia mengatakan sedangkan Khadr disebut hanya sebagai “lasykar musuh.”

XS
SM
MD
LG