Tautan-tautan Akses

Hadley Desak Dialog Konstruktif Dengan Rusia Soal Pertahanan Misil di Eropa


Seorang pejabat Gedung Putih mendesak agar dilakukan “dialog yang konstruktif” dengan Rusia sehubungan rencana Amerika untuk mengembangkan sebuah sistem pertahanan peluru kendali di Eropa, dan menyebut komentar Presiden Rusia yang terakhir atas isu ini sebagai “tidak membantu.”

Penasihat Keamanan Nasional Stephen Hadley berbicara Senin kepada reporter sementara ia melakukan perjalanan bersama Presiden Bush ke KTT Eropa di Jerman. Komentarnya dibuat menyusul ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mensasarkan lokasi-lokasi di Eropa dengan peluru kendali Rusia apabila Eropa mendukung rencana Amerika itu.

Sebelumnya hari ini, Kementerian Luar Negeri Prancis mendesak dialog Amerika dan Rusia guna menghilangkan kekawatiran Moskow akan sistem ini, yang akan menempatkan 10 peluru kendali interseptor di Polandia dan radar pengarah di Republik Ceko.

Secara terpisah, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan ia akan melakukan pembicaraan yang bersifat terus terang dengan Putin dalam KTT ini, mengenai ancaman peluru kendali Rusia.

XS
SM
MD
LG