Tautan-tautan Akses

Musharraf Perketat Pengaturan Media Ditengah Menguatnya Perlawanan Oposisi


Presiden Pakistan Pervez Musharraf telah memperketat pengaturan media ditengah-tengah perlawanan terhadap keputusannya untuk memecat hakim ketua Mahkamah Agung. Jendral Musharraf mengumumkan sejumlah amandemen Senin yang memberi lebih banyak kekuasaan kepada Badan Pengatur Media Elektronik Pakistan.

UU darurat itu yang akan berlaku segera mengijinkan penguasa untuk menyita peralatan, membatalkan ijin siaran dan menutup fasilitas penyiaran yang dianggap beroperasi secara ilegal.

Sambil membangkang terhadap larangan berdemonstrasi, di ibukota Islamabad, ratusan wartawan dan aktivis lainnya mengadakan reli menentang aturan pengetatan itu. UU baru itu diumumkan setelah dua televisi swasta menuduh penguasa Pakistan memblok transmisi siaran mereka kekota-kota utama diseluruh Pakistan, termasuk Lahore dan Islamabad.

Penyiar menuduh pemerintah membungkam mereka karena liputan mereka mengenai unjuk rasa anti pemerintah, dan penentangan terhadap keputusan presiden untuk memecat Hakim Ketua Iftikhar Mohammed Chaudry dengan tuduhan penyalah gunaan kekuasaan. Pemerintah membantah melakukan pemblokiran siaran mereka.

XS
SM
MD
LG