Tautan-tautan Akses

Ribuan Pendukung Sambut Meriah Iftikhar Chaudry


Ribuan pendukung Ketua Mahkamah Agung Pakistan Iftikhar Muhammad Chaudry yang dinon-aktifkan hari Sabtu berjajar di pinggir jalan-jalan mengelu-elukannya memimpin prosesi menuju ke sebuah kota di barat laut. Massa bersorak sorai dan meneriakkan kata-kata, Musharraf turun, sementara iring-iringan mobil Chaudry melewati jalan dari Ibukota Islamabad ke kota Abbotabad. Ribuan orang menghadiri rapat umum di kota Haripur dan Taxila yang dilewatinya. Presiden Pakistan Perves Musharraf menon-aktifkan Chaudry bulan Maret, dengan menuduh dia menyalah-gunakan kekuasaan.

Chaudry membantah tuduhan tersebut. Pe non-aktifan Chaudry itu menimbulkan protes anti Musharraf selama berminggu-minggu di seluruh negara, oleh kalangan hukum dan aktivis oposisi. Hari Jum’at, pemerintah Pakistan mengumumkan larangan berkumpul lebih dari 5 orang di Islamabad. Bulan lalu, Chaudry membatalkan rencana untuk berpidato dalam rapat umum yang direncanakan di Karachi karena bentrokan antara pendukungnya dan pedukung pemerintah berubah menjadi tindak kekerasan, yang mengakibatkan 41 orang tewas.

Sebelumnya, kemarin pihak berwajib Pakistan mengumumkan larangan terhadap penyelenggaraan pertemuan lebih dari 5 orang di Islamabad. Tetapi seorang pejabat senior mengatakan, pemerintah tidak berencana untuk menghentikan rapat besar hari ini. Para pengacara Chaudhry mengatakan, dia berencana akan memimpin prosesi dari Islamabad ke kota Abbotabad.

Juga Jumat kemarin, para pemimpin tinggi militer Pakistan menyatakan dukungan mereka kepada presiden dan panglima tertinggi militer Pervez Musharraf.

XS
SM
MD
LG