Tautan-tautan Akses

Tom Casey: 3 Warga AS Keturunan Iran Tak Punya Hubungan dengan Pemerintah AS


Amerika Serikat menganggap tuduhan mata-mata oleh Iran “tidak dapat dimengerti” terhadap 3 orang warga Amerika keturunan Iran yang sedang ditahan di Iran.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Tom Casey, mengatakan ketiga orang tersebut tidak mempunyai hubungan dengan pemerintah Amerika dan tidak mengancam rejim Iran. Ia mendesak pemerintah Iran agar melepaskan mereka. Casey juga mengatakan Iran belum menanggapi permohonan Swiss akan kebolehan untuk menemui ketiga orang tersebut atas nama Amerika Serikat.

Hari Selasa, lembaga kehakiman Iran mengatakan ke-3 warga Amerika keturunan Iran itu sudah dengan resmi dikenakan tuduhan membahayakan keamanan nasional dan melakukan spionase. Seorang jurubicara kehakiman mengatakan Departemen Intelijens mengenakan tuduhan itu terhadap cendikiawan Haleh Esfandiari dan Kian Tajbakhsh, dan wartawan Parnaz Azima.

Jurubicara itu tidak mengumumkan tanggal sidang pengadilan bagi siapapun diantara ketiganya yang mempunyai kewarga-negaraan ganda Amerika dan Iran

XS
SM
MD
LG