Tautan-tautan Akses

Bush Berlakukan Sanksi Untuk Tekan Sudan Mengenai Darfur


Presiden Bush memberlakukan sanksi ekonomi baru terhadap Sudan yang bertujuan menekan Khartoum supaya menghentikan kekerasan di daerah Darfur, Sudan. Ketika berbicara di Gedung Putih hari Selasa , Bush mengatakan Amerika telah menambah 31 perusahaan Sudan ke dalam daftar perusahaan yang dilarang mengadakan bisnis dengan Amerika.

Bush juga menghimbau Dewan Keamanan PBB membuat resolusi baru yang akan memperluas embargo senjata terhadap Sudan. Presiden Bush menandaskan lagi pendiriannya bahwa keadaan di Sudan adalah pembantaian massal, dan dunia harus menghentikannya.

Ketika berbicara kepada VOA, seorang jurubicara Kementrian Luar Negeri Sudan menyebut sanksi tersebut tidak beralasan, dan mengatakan hal itu tidak akan menyelesaikan masalah di Sudan. Utusan khusus Cina untuk urusan Afrika, Liu Guijin, juga mengecam sanksi itu, dan mengatakan sanksi hanya akan memperumit konflik Darfur.

Sebagai tindakan lainnya, Presiden Bush juga kemungkinan akan mengumumkan tindakan penghukuman terhadap paling sedikit dua pejabat tinggi Sudan.

XS
SM
MD
LG