Tautan-tautan Akses

Pemerintah Venezuela Ambil Alih Stasiun Siaran Swasta Tertua RCTV


Pemerintah Venezuela telah mengambil alih stasiun siaran swasta tertua negara itu, yang memancing kutukan dan ucapan selamat di negara itu.

Para pejabat Venezuela memerintahkan Radio Caracas Television, RCTV, melepaskan kontrol atas fasilitas siarannya di negara itu pada Minggu tengah malam, yang mengakhiri sejarah stasiun swasta itu 53 tahun mengudara.

Sebelumnya ribuan pendukung RCTV berkumpul di luar gedung Komisi Telekomunikasi Nasional di Caracas memrotes penolakan pemerintah untuk memperpanjang izin siaran stasiun itu. Polisi mengatakan 11 petugas luka-luka oleh batu dan benda lainnya yang dilempatkan para pemrotes.

Walikota Caracas Juan Barreto membela keputusan menutup RCTV dan memperingatkan para pemrotes agar tidak melakukan kekerasan:

Kata Barreto Venezuela memiliki kebebasan dan menghormati HAM, namun pihak pemerintah tidak akan membiarkan lembaga-lembaga negara dirusak karena keputusan yang sah yang diambil oleh Presiden Chavez.

D tempat lain di Caracas, para pendukung Preesiden Hugo Chavez bertkumpul merayakan penutupan itu. Polisi dan pasukan garda nasional dikerahkan di seantero kota itu untuk menjaga ketertiban.

Hanya beberapa menit setelah penutupan, Televisi Sosial Venezuela yang menggantikan RCTV, mulai mengudara.

Presiden Chavez mengatakan dia memutuskan menutup stasiun itu karena mendukung usaha kudeta singkat terhadap pemerintahannya lima tahun lalu.

XS
SM
MD
LG