Tautan-tautan Akses

Bush Sambut Baik RUU Anggaran Perang 100 Milyar Dolar


Presiden Bush menyatakan gembira untuk menandatangani Rancangan undang-undang yang menyediakan seratus milyar dolar untuk membayar operasi militer di Irak dan Afganistan sampai September nanti. Presiden mendantangani Rancangan undang-undang itu Jumat kemarin di Camp David, di luar Washington, D.C.

Kongres mensahkan RUU itu Kamis sesudah perundingan beberapa pekan dengan Gedung Putih. Kaum Demokrat di Kongres tidak lagi menuntut dimasukkanya jadwal waktu bagi penarikan kembali pasukan Amerika dari Irak. RUU itu mengancam akan menahan bantuan ekonomi Amerika kalau pemerintah Irak gagal untuk mencapai sasaran dalam melakukan reformasi di bidang politik dan keamanan.

Dalam pernyataan yang dirilis Jumat kemarin, Presiden Bush mengatakan, RUU itu akan memungkinkan pasukan beroperasai berdasarkan pada “penilaian para komandan medan”. Dia juga mengatakan, RUU itu akan “memberikan peta jalan yang jelas” bagi Irak untuk mengamankan negara itu.

Sementara, Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi mengatakan, legislasi itu merupakan pernyataan menentang perang di Irak, meskipun tidak memuat jadwal penarikan pasukan Amerika dari Irak.

XS
SM
MD
LG