Tautan-tautan Akses

Pentagon Nyatakan Keprihatinan Soal Pembangunan Kekuatan Militer Cina


Departemen Pertahanan Amerika menyatakan keprihatinan atas pembangunan kekuatan militer Cina yang berlanjut yang meliputi rudal balistik jarak-jauh, kapal selam dan kemampuan ofensif lainnya.

Dalam laporan tahunan mengenai militer Cina yang dirilis hari ini, Pentagon mengatakan maksud-maksud Cina lebih jauh lagi dari Asia Timur. Dikatakan, Cina sedang meningkatkan kemampuan untuk melancarkan serangan penangkal-dini dan juga sedang mengembangkan senjata untuk melindungi akses Cina ke sumber daya yang diperlukan, diantaranya minyak.

Menurut laporan itu Cina sedang mengembangkan rudal-rudal yang semakin canggih, pesawat, dan kapal yang kemungkinan mencakup kapal-kapal induk. Selain itu Pentagon mengatakan Cina sedang meningkatkan kapabilitas untuk bersaing di angkasa luar.

Kemampuan itu dapat memberi Cina kemampuan untuk menyerang jaringan komputer dan sistem komunikasi negara-negara lain. Menurut laporan itu, kerahasiaan merupakan strategi dasar pertahanan Cina. Hari Kamis, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan kepada wartawan, dia ingin Cina lebih terbuka mengenai maksud-maksud dan strateginya.

XS
SM
MD
LG