Tautan-tautan Akses

Pengamanan di Caracas Ditingkatkan Menjelang Penutupan Stasiun Televisi


Kendaraan-kendaran militer Venezuela telah mengambil posisi di Caracas menjelang penutupan sebuah stasiun televisi yang sering mengecam Presiden Hugo Chavez.

Menurut laporan, satuan-satuan Garda Nasional telah dipanggil untuk menjaga keamanan menjelang demonstrasi yang diperkirakan hari Minggu saat Radio Caracas Television, stasiun siaran swasta tertua Venezuela, menurut rencana akan ditutup.

Senat Amerika hari Jumat mengeluarkan resolusi dengan suara bulat mengutuk Chavez dan pemerintahnya bagi apa yang disebut sebagai “serangan terhadap kebebasan berpikir dan ber-ekspresi yang tidak dapat diterima oleh negara-negara demokratis.” Reaksi serupa datang dari banyak organisasi media di seantero Amerika Latin.

Para pejabat Venezuela mengatakan surat izin siaran RCTV dicabut karena mendukung kudeta yang gagal terhadap Chavez lebih dari lima tahun yang lalu. Mahkamah Agung negara itu sebelumnya pekan ini menolak permintaan stasiun itu agar diperbolehkan tetap mengudara selama proses naik banding atas keputusan pemerintah tersebut.

XS
SM
MD
LG