Tautan-tautan Akses

Tersangka Militan di Thailand Menembak Mati Seorang Pria


Pihak berwajib Thailand mengatakan tersangka militant menembak mati seorang pria dan melukai 4 lainnya di bagian selatan negara itu yang dilanda kekerasan.

Pihak berwenang mengatakan militant menembak dan membakar tubuh seorang pria beragama Buddha hari ini di provinsi Yala, lalu menyembunyikan satu bom dekat mayat yang terbakar itu.

Pria lainnya, termasuk wartawan foto yang berbasis di Bangkok untuk majalah Time, cedera ketika bom itu meledak ketika mereka memeriksa tempat kejadian.

Mayoritas penduduk ketiga provinsi di bagian Selatan, Yala, Pattani, dan Narathiwat, adalah suku Melayu Muslim. Pemberontakan di provinsi itu telah menewaskan lebih dari 2100 sejak tahun 2004. Pihak berwajib

Thailand menuduh kekerasan itu dilakukan oleh kaum separatis Islam, yang menganggap penduduk daerah itu tidak diperlakukan dengan adil oleh pemerintah mayoritas Buddha.

Perdana Menteri baru, Surayud Chulanont yang diangkat oleh militer, telah bertekad untuk mewujutkan perdamaian di daerah itu, tetapi serangan masih biasa terjadi.

XS
SM
MD
LG