Tautan-tautan Akses

WFP Minta Pembajakan di Lepas Pantai Somalia Diatasi


Program Pangan Sedunia WFP – sebuah badan PBB – telah meminta tindakan internasional untuk mengatasi yang disebutnya wabah pembajakan di lepas pantai Somalia. Menurut badan itu serangan terus terjadi terhadap kapal-kapal yang membawa bantuan pangan untuk satu juta rakyat Somalia. Direktur eksekutif WFP Josette Sheeran mengingatkan saluran perbekalan bisa terputus bagi Program Pangan Sedunia serta badan-badan bantuan lain kalau tindakan tidak segera diambil.

Hari Sabtu pembajak Somalia membunuh seorang pengawal dalam usaha mereka membajak sebuah kapal yang dicarter WFP. Tahun 2005 pembajak membajak dua kapal WFP memaksa WFP menghentikan pengiriman bantuan pangan selama beberapa minggu.

Sementara secara terpisah, Pemerintah Italia mendesak Ethiopia agar menarik pasukannya dari Somalia dan menyerahkan tugas mereka kepada pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika. Deputi Menteri Luar Negeri Italia Patrizia Sentinelli menekankan, misi Uni Afrika di Somalia harus diperkuat dan didanai dengan lebih baik. Sentinelli membuat pernyataan itu hari Sabtu di Mogadishu setelah bertemu dengan Presiden Somalia Abdullahi Yusuf dan Perdana Menteri Ali Mohamed Gedi.

Sentinelli juga mendukung rencana konferensi rekonsiliasi nasional di Somalia, dan mendesak agar pertemuan itu bersifat inklusif. Para pemimpin Somalia mengatakan konferensi bulan Juni itu akan terbuka bagi semua orang Somalia yang ingin ambil bagian. Kekerasan di Mogadishu telah memaksa konferensi itu ditunda dua kali – terakhir dari bulan April lalu. Kekerasan antara pemerintah dengan dukungan pasukan Ethiopia dan pihak Islamis telah merenggut lebih dari seribu nyawa sejak Februari.

XS
SM
MD
LG