Tautan-tautan Akses

Estanislau da Silva Dilantik Sebagai PM Sementara Timor Timur


Timor Timur telah melantik Estanislau da Silva sebagai perdana menteri sementara untuk menggantikan Jose Ramos-Horta, yang akan meninggalkan jabatannya untuk menjadi presiden baru negara itu.

Da Silva menjadi perdana menteri ketiga negara kecil itu hari ini. Dia akan bertugas selama beberapa bulan sampai pemilihan legislatif diselenggarakan guna memilih anggota parlemen baru dan perdana menteri baru. Da Silva sebelumnya menjabat sebagai deputi perdana menteri dan menteri pertanian.

Pemenang Hadiah Nobel Ramos-Horta meraih kemenangan besar pekan lalu untuk menggantikan pemimpin kemerdekaan Xanana Gusmao sebagai presiden. Dia akan disumpah hari Minggu.

Ramos-Horta memenangkan hampir 70 persen suara dalam pemilihan, mengalahkan calon Fretilin dan meningkatkan harapan di antara banyak orang Timor Timur bahwa Ramos-Horta akan menciptakan perdamaian di Timor Timur setelah kerusuhan yang menelan korban tahun lalu. Perkelahian di antara pasukan keamanan menewaskan paling sedikit 37 orang dan menyebabkan ribuan orang mengungsi.

XS
SM
MD
LG