Tautan-tautan Akses

Shinzo Abe Kirim Persembahan ke Kuil Perang Kontroversial Yasukuni


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah mengirim sebuah persembahan ke kuil perang yang kontroversial dan dikhawatirkan akan menyebabkan keresahan di Korea Selatan dan Cina.

Kata Jurubicara Abe hari Selasa, Abe mengirim sebuah pohon dalam pot disertai kata-kata “dari Perdana Menteri” ke kuil perang Yasukuni di Tokyo bulan lalu. Abe tidak datang sendiri ke kuil itu. Kuil Yasukuni menghormati korban perang tentara Jepang yang berjumlah dua setengah juta orang, termasuk 14 penjahat perang yang dijatuhi dihukum.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyesalkan tindakan Abe itu karena kuil itu memuja invasi Jepang ke Asia dimasa lalu. Korea selatan juga mengatakan kuil itu bertentangan dengan apa yang disebutnya pandangan yang benar terhadap sejarah, untuk menggalakkan perdamaian di kawasan itu. Cina dan Korea mengecam kunjungan ke Yasukuni oleh pendahulu Abe, perdana menteri Junichiro Koizumi.

Abe belum mengatakan apakah dia akan mengunjungi tugu itu sebagai perdana menteri. Media Jepang mengatakan persembahan Abe untuk tugu itu adalah yang pertama kalinya oleh seorang perdana menteri Jepang sejak Yasuhiro Nakasone, yang menjabat dari tahun 1982 sampai tahun 1987.

XS
SM
MD
LG