Tautan-tautan Akses

Delapan Tentara AS Tewas Dalam Serangan-Serangan di Irak


Militer Amerika mengatakan, delapan tentara Amerika tewas dalam serangan-serangan di Irak hari ini. Dikatakan, enam orang tentara dan wartawan sipil tewas akibat ledakan di provinsi Diyala. Dua tentara lain tewas dalam ledakan terpisah, satu di Baghdad dan satu lagi di utara kota itu. Sebelumnya hari ini, tentara Amerika mengatakan, dua orang marinir tewas kemarin dan seorang tentara Amerika tewas hari Jumat.

Sementara itu, menurut para pejabat Irak, sebuah bom mobil menewaskan sekurangnya 30 orang hari ini di sebuah pasar yang ramai di Baghdad. Sebuah bom mobil lain menewaskan empat orang di dekat gedung Departemen Tenaga Kerja. Di Samarra, sebuah bom mobil dan kawanan bersenjata menewaskan 12 orang polisi Irak dalam serangan terhadap markas besar kepolisian kota itu.

Sebelumnya, para pejabat Irak mengatakan, pasukan AS dan Irak menggerebek sebuah permukiman Syi’ah di Kota Sadr di Bagdad hari ini. Operasi dini hari itu melibatkan pasukan Amerika yang didukung tentara Irak. Mereka melakukan penggeledahan beberapa rumah di wilayah itu, yang dikenal sebagai basis kelompok-kelompok militan Syiah. Polisi dan saksi mata mengatakan pesawat terbang di atas permukiman itu melancarkan serangan terhadap beberapa rumah. Pihak berwenang mengatakan paling kurang 6 warga sipil luka-luka dalam penggerebekan itu.

Militer Amerika belum dapat duhubungi untuk memberi tanggapan, tetapi pasukan pimpinan Amerika secara rutin telah melancarkan penggerebekan mencari militan Syiah sejak mereka melancarkan operasi penegakan keamanan di Bagdad bulan Februari.

XS
SM
MD
LG