Tautan-tautan Akses

Partai A.K. di Turki Mendesak Parlemen Mengumumkan Pemilihan Umum Awal


Partai A.K. yang berkuasa di Turki mendesak parlemen supaya mengumumkan pemilihan umum awal, yang akan membuka jalan untuk menyelesaikan kemacetan dengan golongan sekuler mengenai pemilihan presiden baru.

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan hari ini dengan resmi meminta anggota parlemen agar mengumumkan pemilihan yang akan diadakan tanggal 24 Juni – hampir lima bulan lebih awal dari pada jadwal semula.

Langkah yang diambil partai yang berkuasa tersebut terjadi setelah Pengadilan Konstitusi Turki membatalkan babak pertama pemungutan suara di parlemen untuk memilih presiden baru, dengan menetapkan bahwa jumlah anggota parlemen yang hadir tidak cukup pada saat pemungutan suara pekan lalu.

Pengadilan itu bertindak untuk menanggapi petisi oleh partai oposisi utama yang sekuler, yang memboikot pemungutan suara parlemen dalam upaya mencegah calon Partai A.K yang berorientasi Islam, Menteri Luar Negeri Abdullah Gul, menjadi presiden.

Golongan sekuler mengatakan mereka khawatir Partai A.K. memiliki agenda Islam tersembunyi dan bahwa pemilihan Gul akan mengancam sistem sekuler pemerintah negara itu. Erdogan dan menteri luar negerinya membantah tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG