Tautan-tautan Akses

AS Nilai Pemilu Nigeria Sangat Cacat, Desak Penyelesaian Damai


Amerika Serikat mengatakan hari Jumat pihaknya yakin pemilihan Presiden Nigeria “sangat cacat” dan mendesak semua pihak agar merundingkan penyelesaian damai. Dalam pernyataan khusus, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Tom Casey mengatakan ada laporan yang layak dipercaya mengenai terjadinya penipuan dan kecurangan dalam pemilu hari Sabtu lalu.

Ia mengatakan Amerika Serikat mendesak Nigeria agar berusaha menyelesaikannya melalui proses berdasarkan undang-undang dasar dan dikuasai oleh sipil.

Komisi Pemilu Nigeria telah menyatakan calon partai yang berkuasa Umaru Yar’Adua sebagai pemenang pemilihan Presiden itu, walaupun para pengamat Nigeria dan internasional mendapati banyak masalah dalam pemilihan itu.

Hari Jumat, partai oposisi utama Nigeria mengatakan mereka akan menggugat hasil resmi pemilu itu di pengadilan. Berbicara dengan wartawan, ketua Partai Rakyat Se-Nigeria juga bertekad untuk tidak mengakui atau bekerjasama dengan pemerintahan yang dibentuk sebagai hasil pemilihan Minggu lalu. Koalisi 20 organisasi oposisi telah menyerukan pemilihan ulang.

XS
SM
MD
LG