Tautan-tautan Akses

Solana, Larijani Akan Adakan Pembicaraan Lagi Kamis Depan


Ketua persatuan Eropa Javier Solana dan perunding nuklir utama Iran, Ali Larijani akan bertemu lagi hari Kamis depan. Keduanya telah bertemu hari ini di Ankara Turki, untuk membahas kemacetan dalam penyelesaian masalah nuklir Iran.

Ini adalah pertemuan langsung pertama antara keduanya sejak PBB mengeluarkan sanksi kedua atas Iran bulan lalu karena tidak mau menghentikan pengayaan uranium. Pertemuan itu diadakan ditengah spekulasi luas bahwa Amerika dan sekutu-sekutu baratnya sepakat untuk mengizinkan Iran menjalankan sebagian proses pengayaan uranium itu.

Pertemuan itu terjadi di tengah spekulasi luas bahwa Washington dan mitra-mitranya dalam menghadapi isu tersebut bisa sepakat atas persetujuan yang dikompromikan, mengizinkan Iran untuk tetap menjalankan sebagian kerja pemrosesan kembali nuklirnya.

Tetapi juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Selasa kemarin tidak ada perubahan dalam kebijakan Amerika mengenai kegiatan pengayaan uranium Iran. Juru bicara itu mengatakan Iran bisa memiliki program nuklir sipil, tetapi bahwa bahan bakar untuk reaktor pembangkit tenaga listriknya harus diperkaya di luar negeri.

XS
SM
MD
LG