Tautan-tautan Akses

AS Undang Rusia Menjadi Mitra Dalam Pengembangan Pertahanan Rudal di Eropa


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates telah mengundang Rusia menjadi mitra dalam rencana Amerika mengembangkan sebuah sistem pertahanan rudal di Eropa. Tetapi Moskow menolak tawaran itu, dan tidak mau mendukung rencana perisai rudal Amerika yang direncanakan dibangun di Polandia dan Republik Ceko.

Gates mengeluarkan undangan itu dalam pernyataan yang sudah disiapkan sebelumnya Senin di Moskow dan ditujukan kepada Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov.

Pejabat Rusia itu kemudian mengatakan kepada reporter, rencana Amerika itu merupakan “faktor destabilisasi yang serius” untuk negaranya. Gates kemudian bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, yang kemudian mendiskusikan rencana itu dengan Presiden Bush lewat telpon.

Baik Kremlin maupun Gedung Putih tidak memberi perincian dari pembicaraan itu. Washington bermaksud menempatkan 10 rudal interseptor di Polandia dan sebuah radar di Republik Ceko, untuk mempertahankan diri terhadap apa yang disebutnya sebagi ancaman rudal serius dari Iran.

XS
SM
MD
LG