Tautan-tautan Akses

Umaru Yar’Adua Dinyatakan Sebagai Pemenang Pemilihan Presiden Nigeria


Calon partai yang berkuasa Umaru Yar’Adua dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Presiden Nigeria, yang menurut pengamat ditandai dengan berbagai kecuarangan. Komisi pemilihan Nigeria mengatakan Senin, Yar’Adua memeperoleh 24,6 juta suara dalam pemungutan suara Sabtu, lebih dari tiga kali jumlah yang dikumpulkan oleh pemenang suara kedua, Muhammadu Buhari.

Buhari dan pemenang suara ketiga, Wakil Presiden Atiku Abubakar, mengecam pemilihan ini sebagai penipuan dan mengatakan akan mempertanyakan hasilnya di pengadilan. Kelompok pengamat internasional serta lokal melaporkan berbagai ketidak beresan dalam pemungutan suara, termasuk kasus dimana kota suara dipenuhi dengan kertas-kertas suara, intimidasi polisi, dan TPS yang tidak dibuka.

Hari ini pengamat pemilihan dari Uni Eropa Max van den Berg mengatakan pemilihan ini tidak memiliki kredibilitas. Ia juga mengatakan lebih dari 200 orang tewas dalam kekerasan yang terkait pemilihan. Minggu, sebuah kelompok pengamat Nigeria menyerukan agar pemilihan diulang.

XS
SM
MD
LG