Tautan-tautan Akses

Bom Truk Gagal Meledak Menjelang Pemilu Nigeria


Rakyat Nigeria Sabtu ini memberikan suara dalam pemilu presiden yang bersejarah, sementra terjadi aksi kekerasan dan penundaan dalam pembagian kartu suara. Pemungutan suara itu merupakan alih kekuasaan pertama secara damai kepada pihak sipil sejak Nigeria memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1960.

Pemilu itu dicemari oleh aksi kekerasan yang menewaskan puluhan orang di seluruh Nigeria. Usaha penyerangan terhadap markas besar komisi pemilihan di ibukota Abuja gagal ketika sebuah truk tangki bensin yang siap untuk diledakkan tidak mencapai sasarannya. Truk tersebut tidak sampai meledak.

Para pejabat pemilihan mengatakan pemungutan suara tertunda dua jam, karena mereka memerlukan waktu untuk membagi-bagikan kartu suara yang baru selesai dicetak.

Komisi pemilihan terpaksa mencetak kartu suara baru setelah Mahkamah Agung Senin memutuskan bahwa para pejabat tidak bisa membatalkan pencalonan salah seorang calon, yakni Wakil Presiden Atiku Abubakar.

Tembak-menembak sengit terjadi Jumat malam di banyak bagian ibukota negara bagian Bayelsa, termasuk di sebuah hotel dimana calon wakil presiden dari partai yang berkuasa menginap. Para pembantunya mengatakan dia tidak mengalami cidera.

XS
SM
MD
LG