Tautan-tautan Akses

Gates: Komitmen AS di Irak Berjangka Panjang, Tetapi Bukan Tanpa Batas


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menegaskan, komitmen Amerika pada Irak berjangka panjang, tetapi dukungan militer bukanlah tanpa batas. Gates berbicara di Bagdad hari ini setelah bertemu dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki. Kata Gates dia mendesak Maliki supaya rujuk dengan komunitas Syiah dan Sunni. Katanya kemajuan dalam usaha itu akan menjadi unsur penting saat Amerika meng-evaluasi sampai berapa jauh keberhasilan operasi keamanan di Bagdad belum lama ini.

Menteri pertahanan Amerika itu tiba di Irak hari Kamis dalam kunjungan mendadak untuk menemui para komandan Amerika di Fallujah. Di Bahgdad baratdaya hari ini, militer Amerika mengatakan tentara Amerika menewaskan dua pria bersenjata setelah tim patroli ditembaki dari sebuah mesjid. Dikatakan, helikopter tempur menembak ke arah pemberontak itu, tetapi tidak merusak masjid.

Sementara itu, Presiden Bush mengatakan, operasi keamanan baru di Irak menunjukkan kemajuan dan Kongres perlu mengirim kepadanya rancangan anggaran dana perang tersebut tanpa menetapkan jadwal bagi penarikan pasukan. Di negarabagian Michigan hari ini, Presiden Bush mengatakan terjadi serangan-serangan mengerikan di Irak, tetapi mengutip kata-katanya, arah peperangan mulai bergeser. Katanya, jumlah serangan sektarian telah merosot tajam dalam pekan-pekan setelah dimulainya operasi keamanan.

Ketua faksi mayoritas di Senat Harry Reid mengatakan hari Kamis, dia berpendapat perang di Irak “kalah” dan penambahan pasukan Amerika belum lama ini tidak menghasilkan apapun. Reid menunjuk pada serangan pemboman di Bagdad hari Rabu yang menewaskan lebih dari 190 orang dalam sehari saja, kekerasan terburuk di kota itu dalam beberapa bulan.

XS
SM
MD
LG