Tautan-tautan Akses

Nouri al-Maliki Mengutuk Pemboman di Baghdad yang Menewaskan 190 Orang


Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengutuk pemboman Rabu kemarin di Baghdad yang menewaskan 190 orang dalam hari kekerasan terburuk sejak pasukan Amerika dan Irak mulai melancarkan operasi keamanan di Baghdad dua bulan lalu.

Lebih 200 orang luka-luka dalam serangan tersebut, yang sebagian besar terjadi di daerah-daerah berpenduduk warga Syi’ah di Baghdad.

Maliki menyebut para penyerang tersebut “tentara setan.” Dia juga memerintahkan penahanan seorang kolonel angkatan darat Irak yang bertanggung-jawab atas keamanan daerah pasar Sadriyah, yang merupakan lokasi serangan paling maut dalam pembunuhan besar-besaran Rabu kemarin.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menyebut pemboman tersebut “mengerikan,” tetapi mengatakan serangan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap usaha yang dipimpin Amerika untuk memperbaiki keamanan di Baghdad.

Gates juga meminta negara-negara di kawasan itu supaya membantu menstabilkan Irak, dengan mengatakan kekacauan di sana akan merugikan setiap negara di Timur Tengah

XS
SM
MD
LG