Tautan-tautan Akses

PBB Minta Bantuan Internasional Bagi Para Pengungsi Irak


Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak tetangga-tetangga Irak untuk tetap membuka perbatasan mereka bagi warga Irak yang hendak menyelamatkan diri dari kekerasan sektarian dan serangan pemberontak di negara itu.

Ban Ki-Moon hari Selasa menyampaikan permohonan dalam pidato melalui video di depan rapat internasional di Jenewa menegnai nasib jutaan warga Irak yang telah terenyah dari rumah mereka. Sekjen PBB itu juga mengimbau negara-negara lain supaya memberi suaka politik bagi pengungsi Irak.

Pertemuan para pejabat pemerintah dan organisasi bantuan dari 60 negara kini mengkaji cara-cara memperkuat dukungan internasional bagi para pengungsi. Komisaris Tinggi PBB bagi Pengungsi, Antanio Guterres, mengatakan tidak cukup banyak perhatian yang diberikan bagi krisis kemanusiaan itu meskipun jumlahnya mencapai tingkat terbesar dalam sejarah.

Komisi pengungsi tersebut memperkirakan lebih dari sejuta warga Irak telah lari ke Siria, 750-ribu lagi telah meminta suaka di Yordania, sementara hampir 2-juta kehilangan tempat tinggal di Irak.

XS
SM
MD
LG