Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Nyatakan Belasungkawa Atas Pembantaian di Universitas AS


Korea Selatan menyatakan belasungkawanya kepada para korban pembantaian hari Senin di Virginia Tech University di Amerika setelah mengetahui bahwa tersangka pelakunya adalah warga Korea Selatan. Pejabat-pejabat mengatakan Cho Seung-hui, menetap di Amerika sejak ia masih kecil.

Presiden Korea Selatan Roh Moon-hyun menyampaikan belasungakwanya kepada para keluarga dari kurang lebih 30 korban di Virginia Tech University. Sekjen PBB Ban Ki-moon, yang juga adalah orang Korea Selatan juga mengutuk pembantaian itu.

Seorang pejabat kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan ia berharap peristiwa tragis ini tidak akan menimbulkan pembalasan terhadap orang Korea Selatan yang menetap di Amerika.

Keprihatinan semacam itu juga dikumandangkan oleh seorang mahasiswa keturunan Korea di Virginia Tech, Sang Yun Man. Ia mengatakan ia khawatir serangan ini akan mengarah ke peningkatan buruk-sangka terhadap mahasiswa kelahiran-asing.

Direktur kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana dulu pernah menjadi mahasiswa dan dosen di Virginia Tech Dalam pernyataan hari Selasa, Solana mengatakan ia merasa bergidik atas serangan-serangan itu dan bahwa rasa pilunya tertumpah kepada para korban, orang-orang yang mereka kasihi, dan pemerintah Amerika. Perdana Menteri Inggris Tony Blair juga menyatakan belasungakawanya.

XS
SM
MD
LG