Tautan-tautan Akses

Kelompok Radikal Pimpinan Moqtada al-Sadr Akan Keluar Dari Pemerintahan Irak


Kelompok radikal syiah pimpinan Moqtada al-Sadr akan keluar dari pemerintahan Irak sebagai protes karena perdana menteri Nouri al-Maliki tidak mau mendukung jadwal penarikan pasukan Amerika dari negeri itu. Kata pejabat partai pimpinan Sadr itu, enam dari 37 menteri kabinet Irak akan mengundurkan diri hari Senin ini. Tidak ada komentar yang segera dari pemerintahan Nouri al-Maliki.

Sementara itu, serangan bom mobil menewaskan 34 orang hari minggu dan melukai 50 lainnya di kawasan syiah di Baghdad. Kata polisi Irak, dua serangan bom mobil dekat sebuah pasar yang ramai menewaskan 15 orang. Kemudian serangan bom atas dua bis penumpang di kawasan syiah menewaskan 17 orang. Di wilayah lain, dua helikopter Inggris jatuh di utara Baghdad, menewaskan dua orang tentara dan melukai lima lainnya. Kata pejabat Inggris, kecelakaan itu agaknya terjadi karena tabrakan di udara dan bukan karena ditembak musuh.

Sabtu kemarin, serangan bom mobil menewaskan sedikitnya 40 orang di Karbala, dekat mesjid imam Hussein yang dianggap suci oleh kelompok syiah. Serangan bom mobil dan serangan bunuh diri terjadi praktis tiap hari di Baghdad sejak tentara Amerika dan Irak melancarkan operasi keamanan dua bulan yang lalu.

Sementara, PBB akan mengadakan konferensi internasional untuk membahas bantuan bagi para pengungsi Irak yang jumlahnya jutaan orang. Kata jurubicara badan pengungsi PBB Ron Redmond empat juta orang Irak telah tersingkir dari kampung halaman mereka karena perang yang dilancarkan Amerika dan sekutu-sekutunya di Irak.

Para pengungsi itu lari ke negara tetangga Irak dan perlu mendapat bantuan. Tapi pertemuan yang akan dihadiri oleh 60 negara itu bukan untuk mengumpulkan dana bagi pengungsi, kata Redmond. Ia mengatakan, bantuan sebaiknya diberikan secara bilateral oleh negara donor kepada tetangga Irak, seperti Jordania dan Syria untuk membantu para pengungsi Irak itu. Kata PBB antara 40 sampai 50 ribu warga Irak melarikan diri dari kampung halaman mereka tiap bulan.

XS
SM
MD
LG