Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: AS, Cina Percaya Korut Akan Hormati Kesepakatan Nuklir


Utusan tertinggi Amerika Serikat untuk perundingan nuklir Korea Utara mengatakan Washington dan Beijing akan sabar dengan Korea Utara meskipun Pyongyang gagal memenuhi batas waktu untuk menutup reaktor nuklir utamanya.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christopher Hill mengatakan kedua negara akan menunggu beberapa hari lagi untuk melihat tindakan apa yang akan dilakukan oleh Korea Utara untuk memenuhi komitmennya pada persetujuan enam negara bulan Februari untuk mengakhiri program nuklirnya. Dia memberikan komentar itu di Beijing hari Sabtu setelah berbicara dengan Wakil Menteri Luar Negeri Cina Wu Dawei.

Hill mengungkapkan, para pejabat Cina, mengajurkan untuk bersabar Sabtu kemarin. Katanya: "Pihak Cina tidak berkecil hati oleh proses ini, dan mereka yakin ada kemajuan yang dicapai. Untuk alasan tsb, saya timpali untuk terus bersikap sabar, karena memang itulah sebenarnya yang telah kita lakukan."

Hill menambahkan, dia juga berbicara dengan pihak-pihak lain, termasuk Korea Selatan dan Jepang, mengenai situasi tersebut. Korea Utara mengatakan pihaknya tidak akan bergerak sebelum uangnya sejumlah 25 juta dollar di sebuah bank di Macau dicairkan.

XS
SM
MD
LG