Tautan-tautan Akses

Hindari Ujicoba Rudal India, Pesawat Penumpang Indonesia Terpaksa Pulang


Departemen Luar Negeri Indonesia Jumat ini mengatakan, sebuah pesawat jet penumpang Indonesia ketika di wilayah udara India terpaksa putar balik kembali ke Indonesia setelah sebuah rudal balistik berkemampuan nuklir terlihat meluncur di angkasa. Tidak disebutkan seberapa jauh rudal itu dari pesawat.

Jurubicara Deplu Kristiarto Legowo mengatakan, Indonesia menuntut penjelasan dari New Delhi setelah berlangsung uji-coba rudal India itu Kamis kemarin.

Ari Sapari, direktur pengangkutan nasional mengatakan, pesawat Garuda itu mengangkut 413 penumpang dari Jakarta ke Arab Saudi, ketika menara pengawas lalu-lintas udara India memberitahu pilot Garuda bahwa rudal telah diluncurkan. Kata Ari Sapari, Indonesia tidak diberitahu sebelumnya mengenai uji-coba rudal tersebut.

Namun, jurubicara Dept. LN India mengatakan kepada kantor berita Reuter, rincian mengenai peluncuran rudal itu telah diberikan sepekan sebelumnya kepada pihak berwenang penerbangan sipil regional. Rudal Agni-3 itu diluncurkan hari Kamis dari Pulau Wheeler, di lepas pantai timur negarabagian Orissa, India.

XS
SM
MD
LG