Tautan-tautan Akses

Delapan Tewas Dalam Pemboman di Gedung Parlemen Irak


Seorang jurubicara militer Amerika di Irak mengatakan serangan bom di dalam gedung parlemen di Baghdad hari ini menewaskan delapan orang dan mencederai lebih dari 20 orang. Pejabat-pejabat Irak mengatakan tiga yang tewas adalah anggota parlemen, dan bahwa seorang pembom bunuh-diri meledakkan bom di sebuah kafetaria – dalam salah satu penerobosan keamanan paling buruk di Zona Hijau Baghdad yang telah dibentengi dengan kuat. Ketua parlemen Irak, Mahmoud al-Mashhadani mengatakan kepada televisi pemerintah parlemen akan mengadakan sidang istimewa hari Jumat ini untuk, mengutip kata-katanya, menunjukkan sikap tidak gentar menghadapi terorisme.

Di tempat-tempat lain di Baghdad, sekurang-kurangnya delapan orang tewas dan sekurang-kurangnya 22 orang cedera ketika pembom truk bunuh diri meledakkan diri di sebuah jembatan utama di atas sungai Tigris. Ledakan itu meruntuhkan bangunan baja itu dan mengakibatkan mobil-mobil masuk ke sungai pada jam sibuk pagi hari. Para penyelamat terjun ke sungai itu mencari mereka yang selamat.

Sementara, Amerika Serikat dan Inggris mengecam pemboman bunuh diri di parlemen Irak, mengatakan peristiwa itu dilakukan oleh kaum ekstremis yang berusaha mengganggu proses demokrasi di Irak. Presiden Bush mengatakan Amerika Serikat berdiri di samping Irak, dan akan terus membantu demokrasinya yang masih muda. Mentri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan akan terjadi sesuatu yang buruk dan sesuatu yang baik dengan terus berlangsungnya operasi keamanan di Baghdad sekarang ini, tetapi para komandan berusaha membuat rakyat irak merasa lebih aman.

Tetapi, Senator penting Demokrat, ketua fraksi mayoritas Harry Reid, mengatakan pemboman itu merupakan satu bukti lagi bahwa perang di sana tidak berjalan dengan baik, dan bahwa pasukan Amerika hendaknya ditarik pulang. Mentri LN Inggris Margaret Beckett mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka yang melakukan serangan seperti itu tidak menjanjikan apa-apa kepada rakyat Irak kecuali pembunuhan dan penghancuran.

XS
SM
MD
LG