Tautan-tautan Akses

Jerman Desak Perluasan Perlindungan Sistem Anti Misil Amerika


Mentri Pertahanan Jerman Franz Josef Jung menyarankan agar sistem pertahanan misil Amerika yang diusulkan diperluas dengan memasukkan perlindungannya pada Eropa selatan.

Menhan Jerman itu, yang negaranya sekarang ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa, mengatakan kepada komite urusan luar negri Parlemen Eropa rencana Amerika sekarang ini untuk memasang sistem itu di Polandia dan Republik Ceko akan melindungi Eropa Barat.

Tetapi, ia mengatakan, sistem itu seperti yang direncanakan sekarang ini tidak akan melindungi bagian-bagian lain benua itu. Jung juga menyatakan harapan bahwa Rusia akhirnya akan mencabut tentangannya terhadap sistem itu. Jung menyarankan pejabat-pejabat Uni Eropa melakukan peranan aktif untuk mengendurkan kekhawatiran ini.

Rusia mengatakan pemasangan perisai anti misil di perbatasan baratnya akan merupakan ancaman dan memperlemah kerjasama di PBB. Pejabat-pejabat Amerika mengatakan sistem itu akan mengimbangi ancaman dari negara-negara seperti Iran dan Korea Utara.

XS
SM
MD
LG