Tautan-tautan Akses

Panglima Militer Turki Serukan Serbuan Masuk ke Wilayah Kurdi di Irak


Pejabat tertinggi militer Turki Jendral Yasar Buyukanit mengatakan operasi terhadap kaum militan Kurdi-Turki yang berpangkalan di Irak utara perlu dilakukan dari segi militer. Tetapi ia mengatakan ia belum minta otorisasi politik.

Operasi-operasi besar terhadap kaum separatis Partai Pekerja Kurdistan, PKK, sedang berlangsung di Turki tenggara sementara musim semi melelehkan air yang beku dan membuka kembali jalan-jalan di pegunungan.

Pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani memperingatkan bahwa pihak Kurdi-Irak akan membalas Turki di kota-kota mayoritas Kurdi jika Ankara melakukan intervensi di Irak utara. Sementara, PM Turki Recep Tayyip Erdogan hari Senin mengatakan Kurdi Irak akan merasakan pukulan keras karena melakukan intervensi di Turki.

Seorang jurubicara Departemen LN Amerika Sean McCormack menanggapi dengan dingin terhadap ancaman Turki hari ini yang mengatakan perlunya operasi militer lintas batas. Ia mengatakan itu merupakan pilihan yang harus dirundingkan oleh semua pihak agar tidak terjadi.

XS
SM
MD
LG