Tautan-tautan Akses

Utusan Amerika Memuji Pencairan Dana Korea Utara


Seorang perunding tinggi Amerika urusan nuklir mengatakan rencana pencairan dana Korea Utara yang dibekukan di Makao seharusnya akan membukan jalan bagi Pyongyang untuk memulai menghentikan program nuklirnya.

Departemen keuangan Amerika hari Selasa mengatakan Macao sipa mencairkan dana Korea Utara sebesar 25-juta dolar yang dibekukan di bank Macao. Tidak lama setelah pengumuman itu, Asisten menteri Luar negeri Amerika Christopher Hill mengatakan perkembangan ini merupakan suatu langkah besar. Hill berkata demikian di Seoul, di mana ia kini mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Korea selatan mengenai konflik nuklir itu.

Pejabat-pejabat Amerika hari Selasa mengatakan semua kendala bagi Korea Utara mengakses uang itu sudah ditiadakan, dan sekarang terserah pada Pyongyang untuk berupaya menepati tenggat waktu hari Sabtu. Jurubicara Departemen Luar Negri Amerika Sean McCormack mengatakan Washington berharap kesepakatan tanggal 13 Februari sepenuhnya diterapkan, dan ini berarti menutup kompleks reaktor Yongbyon. Korea Utara tadinya tidak bersedia menutup reaktor nuklirnya sebelum mereka menerima dana 25-juta dolar yang dibekukan di bank Macao itu.

Cristopher Hill menggambarkan sebagai “positif” laporan-laporan bahwa Korea Utara akan mengizinkan tim inspektur PBB ke negara itu segera setelah sengketa keuangan itu teratasi. Ia berkata demikian setelah delegasi Amerika yang berkunjung ke Korea Utara mengatakan ketua perunding Pyongyang meyakinkan mereka Korea Utara akan membuka pintu bagi tim inspektur setelah dana itu dicairkan.

XS
SM
MD
LG