Tautan-tautan Akses

Pyongyang Tawarkan Langkah Awal Guna Hentikan Program Nuklirnya


Ketua delegasi Amerika yang mengunjungi Korea Utara mengatakan Pyongyang telah menawarkan untuk mengambil langkah awal guna menghentikan program nuklirnya dalam waktu satu hari setelah menerima dana yang selama ini dibekukan di bank Macau.

Gubernur negara bagian New Mexico Bill Richardson mengatakan hari ini bahwa pemerintah Korea Utara mengatakan kepadanya bahwa segera setelah dana tersebut diterima, negara itu akan mengundang Badan Tenaga Atom Internasional ke Pyongyang untuk menyusun ketentuan bagi penutupan reactor Yongbyon.

Sebelumnya hari ini, utusan nuklir utama Amerika Christopher Hill mengatakan kini saatnya bagi Korea Utara mulai menutup kompleks nuklir utamanya di bawah ketentuan persetujuan perlucutan senjata yang dicapai bulan Februari. Hal ini diperkuat oleh State Department Spokesman Sean McCormack yang menyatakan sbb:

"Yang kita harapkan adalah agar persetujuan 13 Februari diterapkan, dan itu berarti ditutupnya fasilitas-fasilitas Yongbyon. Hal itu tidak bias dikompromi. Itu syarat untuk maju. Setelah itu, baru akan kita tinjau penyesuaian dalam hal politik dan diplomasi."

Demikian ujar Jurubicara McCormack. Persetujuan tersebut menghendaki agar Korea Utara menutup kompleks reaktor Yongbyon sebelum hari Sabtu

XS
SM
MD
LG