Tautan-tautan Akses

Iran Umumkan Rencana Perbesar Program Nuklirnya


Iran mengatakan pihaknya bermaksud untuk lebih memperbesar lagi program nuklirnya – sehari setelah Teheran mengumumkan kemampuannya memperkaya uranium kini bisa mencapai “skala perindustrian.”

Direktur organisasi energi atom negara itu, Gholam Reza Aghazadeh, hari Selasa mengatakan Iran bermaksud memasang 50-ribu sentrifugal kelak di fasilitas nuklir Natanz.

Perunding nuklir Iran, Ali Larijani, hari Senin mengatakan Iran sudah mulai mengisi gas uranium ke dalam tiga ribu sentrifugal di Natanz untuk diperkaya. Pengumuman itu mengundang kecaman dari Amerika, PBB dan Uni Eropa.

Rusia menyatakan rasa skeptis, dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan Moskow tidak mempunyai informasi untuk mengukuhkan pernyataan Iran. Beberapa sumber diplomatik Barat juga meragukan pernyataan Iran itu.

Dua inspektur nuklir PBB tiba di Iran hari Selasa untuk kunjungan yang sudah dijadwalkan ke fasilitas Natanz, dan bisa memberi verifikasi independen pertama atas pernyataan Iran tersebut. Amerika dan sekutunya menuduh Iran hendak membuat senjata nuklir. Iran menyatakan program nuklirnya bertujuan damai untuk memproduksi energi.

XS
SM
MD
LG