Tautan-tautan Akses

Helikopter Israel Lakukan Serangan Udara di Perbatasan Jalur Gaza Utara


Para saksi Palestina mengatakan, satuan helikopter Israel telah melakukan serangan udara di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza utara, menewaskan seorang militan Palestina dan melukai dua orang. Yang meninggal itu anggota Fron Demokratik bagi Pembebasan Palestina.

Jurubicara tentara Israel mengatakan, helicopter itu menyerang Sabtu pagi sesudah mengetahui kaum militan berusaha memasang bom dekat pagar perbatasan. Kata para saksi, tank-tank Israel juga bergerak memasuki daerah dekat kam pengungsi Jabaliya di Gaza utara, tetapi disangkal militer. Di Tepi Barat, hari ini, tembakan Israel melukai panglima militant Palestina di kota Jenin.

Gencatan senjata antara Israel dan Palestina di Gaza pada umumnya ditegakkan sejak November, namun beberapa kelompok militan Palestina terus menembakkan roket ke Israel. Sebelumnya, dalam pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Amir Peretz mengatakan, dia mengizinkan tantara melakukan tindakan terbatas terhadap militan Palestina di Gaza kalau mereka mengancam tentara dan warga sipil Israel.

Hari Jumat kemarin, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan kepada TV Prancis kaum militan di Jalur Gaza akan segera membebaskan seorang tentara Isreal yang tertangkap. Abbas mengatakan pemerintah Palestina telah mengusahakan pembebasan Kopral Gilad Shalid. Katanya usaha itu akan membawa hasil dalam waktu dekat.

Penculikan Shalit dalam serangan lintas-perbatasan oleh kaum militn Gaza bulan Juni mencetuskan konfrontasi besar antara Israel dan Palestina. Sebelumnya pekan ini, menteri luar negeri Prancis menghimbau pemerintah Palestina untuk mengambil langkah-langkah, diantaranya mengupayakan pembebasan prajurit Israel itu, sebelum komunitas internasional memulihkan bantuan. Shalit adalah warganegara Israel dan juga Prancis. Dalam wawancara tersebut, Abbas juga mendesak Israel membebaskan ribuan tahanan Palestina, tetapi katanya ini merupakan isu yang terpisah dari pembebasan Shalit.

XS
SM
MD
LG