Tautan-tautan Akses

Pelosi di Arab Saudi Dalam Persinggahan Terakhir Kunjungan ke Timur Tengah


Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi, mengadakan pembicaraan di Arab Saudi, persinggahan terakhir dalam perjalanan kelilingnya di Timur Tengah. Pelosi dan Raja Saudi Abdullah membicarakan situasi di Irak dan proses perdamaian israel-Palestina. Pelosi juga bertemu dengan anggota-anggota Dewan Shura kerajaan, yang merupakan dewan penasihat raja. Pelosi tiba di Arab Saudi dari suriah, dimana ia bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad hari Rabu, melakukan pembicaraan yang dikecam oleh Gedung Putih.

Wakil Presiden Amerika Dick Cheney mengatakan kepada radio ABC News perjalanan itu melemahkan usaha pimpinan Amerika untuk mengisolir pemimpin Suriah itu dan memberikan hadiah bagi – yang disebut oleh Cheney “kelakuan buruk.” Pelosi mengatakan penting mengadakan dialog dengan Suriah, dan bahwa ia ingin membicarakan dengan Suriah cara negara itu membantu dalam perang melawan terorisme.

Sementara itu, seorang anggota DPR Amerika dari Partai Republik telah mengadakan pembicaraan di Suriah – sehari setelah pemimpin Demokrat di dewan itu menyulut kontroversi dengan melakukan kunjungan ke Damascus. Anggota DPR Darrell Issa dari negarabagian California bertemu di ibukota Suriah hari ini dengan Presiden Bashar al-Assad dan Mentri LN Walid al-Moallem.

Issa adalah keturunan Lebanon, dan anggota partai Presiden Bush, Partai Republik. Issa mengatakan kepada para wartawan bahwa anggota-anggota Kongres akan terusa mendesak pemerintahan Bush agar mengadakan dialog dengan Suriah. Gedung Putih mengritik tajam kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Suriah, mengatakan anggota Demokrat dari California itu memotong upaya untuk mengisolir Damascus.

XS
SM
MD
LG