Tautan-tautan Akses

Televisi Iran Tayangkan Lagi Gambar Video Pelaut Inggris Yang Ditangkap


Siaran televisi pemerintah Iran “Al-Alam” hari Minggu menayangkan gambar dari yang disebutnya dua dari 15 personil Angkatan Laut dan Marinir Inggris yang ditahan di Iran. Kedua personil sedang menunjuk ke sebuah peta Teluk Persia sambil menghadap kamera. Suara mereka tidak dapat didengar.

Menurut AL-ALAM kedua personil Inggris itu mengaku memasuki perairan Iran, dan juga mengatakan bahwa mereka diperlakukan dengan baik. Iran menegaskan ke-15 personil Inggris itu berada di dalam perairan Iran sewaktu ditangkap lebih dari seminggu lalu.

Inggris berkeras mereka berada di dalam perairan Irak. Menteri pertahanan Inggris Des Browne mengatakan hari Minggu bahwa pemerintahnya sedang malukan komunikasi bilateral langsung dengan Iran untuk membebaskan ke-15 personilnya itu. Ia mengatakan Inggris ingin sekali menyelesaikan persoalan itu dan menyelesaikannya lewat saluran diplomatik.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Inggris sombong tidak mau meminta maaf atas peristiwa itu. Sementara, Presiden Bush hari Sabtu menyebut penangkapan ke-15 personil Inggris itu tidak dapat dima’afkan dan menyebut mereka sebagai sandera.

XS
SM
MD
LG