Tautan-tautan Akses

Mahkamah Militer AS Jatuhkan Hukuman 9 Bulan Penjara Bagi David Hicks


Mahkamah militer Amerika menjatuhkan hukuman penjara 9 bulan terhadap warga Australia, David Hicks, yang telah ditahan di teluk Guantanamo dengan tuduhan membantu terorisme. Dewan perwira militer hari Jumat mengusulkan hukuman maksimum 7 tahun.

Hukumannya adalah bagian dari persetujuan yang dicapai antara Washington dan Canberra yang akan mengizinkannya menjalani hukumannya di negaranya, Australia. Ia akan dipindahkan dalam waktu 60 hari. Berbicara di Sydney Sabtu ini sesudah penjatuhan hukuman itu, Perdana Menteri Australia John Howard mengatakan, baginya Hicks bukan pahlawan, dan hendaknya tidak dianggap pahlawan oleh warga Australia lainnya.

Warga Australia itu telah 5 tahun ditahan di Teluk Guantanamo. Sebagai bagian dari persetujuan tadi, ia menyatakan bahwa ia tidak pernah diperlakukan dengan kejam secara di luar hukum, ketika dalam tahanan Amerika Serikat, dan ia dilarang berbicara kepada media selama satu tahun. Tetapi ayahnya , Terry Hicks, mengatakan hari ini putranya telah sangat menderita ketika ditahan dalam kamp militer Amerika itu.

XS
SM
MD
LG