Tautan-tautan Akses

50 Lebih Tewas Dalam Pertempuran Suku Pakistan dan Militan Asing


Menteri Dalam Negeri Pakistan – Aftab Khan Sherpao mengatakan kepada wartawan, lebih dari 50 orang tewas Jumat ini dalam pertempuran baru antara kelompok suku dengan militan asing di daerah suku Waziristan Selatan.

Empat-puluh lima dari yang tewas itu adalah militan asing. Bentrokan yang masih berlangsung itu melibatkan pejuang Uzbek dan Chechnya, yang dituduh memiliki kaitan dengan al-Qaida.

Pemuka suku Talban – Haji Sharif – telah menjanjikan, pertempuran akan berlanjut sampai kaum militan asing diusir dari wilayah itu. Gencatan senjata yang goyah gagal pekan ini.

Dalam insiden lain, pemerintah mengatakan, penduduk Waziristan selatan Kamis kemarin menyerang sekolah yang digunakan kaum militan Uzbek sebagai pangkalan di kota Ghawalcha dekat ibukota regional, Wana. Sekitar 7 warga Uzbek tewas.

Pekan lalu, pertempuran di Wana menewaskan sekitar 160 orang, kebanyakan dari mereka pejuang Uzbek dan Chechnya. Pakistan telah menjalin beberapa persetujuan dengan berbagai kelompok suku setempat untuk mengusir kaum ekstremis di wilayah pedalaman.

XS
SM
MD
LG