Tautan-tautan Akses

Senat AS Setujui RUU Penetapan Jadwal Penarikan Pasukan Amerika


Senat Amerika telah menyetujui RUU pembelanjaan darurat untuk Irak dan Afghanistan yang menetapkan jadwal waktu dimulainya penarikan pasukan dari Irak. Anggota-anggota Senat menyetujui langkah itu hari ini dengan perbandingan suara 51 lawan 47, dengan seorang anggota Republik dan seorang anggota Demokrat memberikan suara abstain.

Dua anggota Republik memberikan suara bersama anggota-anggota Demokrat mendukung RUU itu. Senator Demokrat Patty Burray dari negara bagian Washington menyebut RUU itu “langkah maju ke depan yang penting”, tetapi Senator Republik Richard Shelby dari Alabama mengatakan RUU itu menentukan yang disebutnya “tanggal kekalahan.”

RUU itu menyediakan lebih dari 122 milyar dolar untuk mendanai pasukan Amerika di Irak dan Afghanistan. RUU itu juga berisi pasal yang tidak mengikat menyerukan kepada Presiden Bush untuk mulai menarik pasukan Amerika dari Irak selambat-lambatnya tanggal 31 Maret tahun depan. Presiden Bush berkali-kali berjanji akan memveto setiap RUU yang menetapkan jadwal waktu untuk penarikan pasukan dari Irak.

XS
SM
MD
LG