Tautan-tautan Akses

Jenderal Iran: 15 Personil AL Inggris Mengaku Masuki Perairan Iran Tanpa Izin


Seorang Komandan Militer Iran mengatakan, 15 orang anggota Angkatan Laut Inggris yang sekarang dalam tahanan Iran telah mengaku memasuki perairan Iran tanpa izin.

Dalam wawancara dengan media Iran hari Sabtu, Jenderal Ali Reza Afshar mengatakan, para warga Inggris yang ditahan itu mengemukakan yang menurut kata-katanya, pengakuan dalam interogasi.

Jenderal Afshar mengatakan, mereka mengakui bahwa mereka berada di periaran Iran ketika ditangkap. Jenderal tersebut mengatakan interogasi terus berlangsung di Teheran , dan bahwa ke 15 marinir Inggris tersebut kesehatannya dalam keadaan baik.

Uni Eropa hari Sabtu mengumandangkan tuntutan Inggris agar ke 15 marinir Inggris itu segera dibebaskan. Angkatan Laut Iran menahan kru tersebut hari Jum’at setelah anggota Angkatan laut Inggris melakukan inspeksi rutin terhadap kapal-kapal dagang di perairan Shatt al Arab yang menjadi sengketa antara Iran dan Irak.

Para pejabat Iran mengatakan, terdapat bukti bahwa kru tersebut tahu bahwa mereka berada di perairan Iran. Iran menyebutnya tindakan agresif. Inggris berkeras bahwa Angkatan Lautnya melakukan operasi anti penyelundupan rutin di perairan Irak.

XS
SM
MD
LG