Tautan-tautan Akses

Pemerintah Irak Selidiki Percobaan Pembunuhan Terhadap Deputi PM


Perdana Menteri Irak Nouri al Maliki mengatakan pemerintah sedang menyelidiki percobaan pembunuhan terhadap Deputi Perdana Menteri Salam al-Zobaie. Sembilan orang tewas dan Zobaie luka parah tatkala salah seorang pengawalnya melakukan pemboman bunuh diri di Kompleks Deputi Perdana Menteri tersebut.

Diantara yang tewas, salah seorang saudara laki-laki menteri itu dan seorang penasehatnya. Berbicara dalam siaran televisi Pemerintah hari Sabtu, Perdana Menteri Nouri al Maliki mengatakan para penyelidik sedang berusaha mengetahui bagaimana pelaku pemboman itu bisa membawa bahan peledak ke dalam kompleks Zobaie tanpa terdeteksi.

Maliki mengatakan, serangan itu menunjukkan bagaimana musuh menjadikan mereka yang bekerja untuk kebaikan di negara itu sebagai sasaran. Menteri Kesehatan Irak Ali al Shumari mengatakan, Zobaie dalam keadaan baik setelah menjalani pembedahan atas luka-lukanya.

Sebuah kelompok yang terkait dengan al Qaida telah menyatakan bertanggung jawab melakukan serangan tersebut.

Dalam berita lain, pemboman bunuh diri hari Sabtu telah menewaskan lebih dari 30 orang di seluruh Irak. Menurut polisi, yang paling mematikan adalah ledakan truk bom bunuh diri di sebuah kantor polisi di kawasan Dora yang penduduknya umumnya Muslim di Baghdad selatan. Dalam peristiwa itu 20 orang tewas termasuk 14 anggota polisi.

XS
SM
MD
LG