Tautan-tautan Akses

Penjara Guantanamo Kemungkinan Dipertahankan Sampai Akhir Jabatan Bush


Seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan, penjara Amerika di Teluk Guantanamo Kuba kemungkinan akan terus digunakan sampai akhir masa jabatan Presiden Bush. Jurubicara Tony Snow mengatakan kepada wartawan hari ini, akan diperlukan sampai Bush meninggalkan jabatan tahun 2009 untuk melakukan proses hukum bagi 60 sampai 80 tahanan yang oleh pemerintah dikatakan hendak diadili. Guantanamo sekarang ini seluruhnya menampung 384 tahanan.

Snow juga mengatakan, Menteri Pertahanan Robert Gates telah mengubah pandangannya semula mengenai Guantanamo dan kini sependapat dengan posisi Gedung Putih bahwa penjara itu untuk sekarang ini perlu terus dioperasikan.

Harian New Yok Times memberitakan hari ini, sewaktu Gates mula-mula memegang jabatan bulan Januari, dia mendesak agar fasilitas itu ditutup. Laporan New York Times itu menyebutkan, Jaksa Agung Amerika Alberto Gonzales dan para pejabat lain menolak argumentasinya, karena memindahkan para tahanan itu ke wilayah Amerika dapat mengubah hak-hak para tahanan tersebut.

XS
SM
MD
LG